Terlibat Dalam Pelayanan Sebagai Tanda Dipimpin Oleh Roh Kudus

Bacaan Alkitab : Kisah Para Rasul 2:1-13

Kehidupan orang percaya adalah kehidupan yang berbahagia karena senantiasa berada dalam pemeliharaan Tuhan.  Tidak ada yang perlu kita takutkan karena ada satu Roh  yang diutus Tuhan untuk selalu menyertai hidup kita, yaitu Roh Kudus. Pada Renungan minggu yang lalu kita telah diberi pemahaman tentang apa yang telah Roh Kudus kerjakan didalam kehidupan kita, yaitu : (1) Roh Kudus mengajar kita untuk berdoa; (2) Roh Kudus menuntun kita hidup dalam kebenaran; dan (3) Roh Kudus mengajar kita untuk bersaksi.

Para murid Yesus (rasul-rasul) adalah para pelaku dan saksi pemenuhan roh kudus. Mereka menyaksikan dengan mata mereka tanda-tanda fisik hadirnya Roh Kudus di tengah-tengah mereka. Diawali dengan bunyi seperti tiupan angin, kemudian terlihat lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran, dan selanjutnya setelah kepenuhan Roh Kudus mereka berbahasa-bahasa lain yang mereka tidak mengerti (lihat Kis 2:1-4). Peristiwa tersebut menunjukkan bahwa Roh Kudus benar-benar ada dan nyata dan Dia hadir di dalam kehidupan setiap orang-orang yang percaya kepadaNya yang mau terlibat di dalam rencana serta kehendak Allah yaitu menjadi saksiNya. Sebelum kuasa Roh Kudus bekerja di dalam diri kita untuk menggenapkan rencana dan kehendak Allah, Ia (lidah-lidah seperti nyala api) terlebih dulu membakar segala macam yang menajiskan yang ada dalam hidup kita, baik dalam hati dan pikiran maupun daging kita.

Pelayanan yang dipercayakan Allah kepada kita bukan pelayanan daging melainkan pelayanan roh, maka segala bentuk kedagingan dalam diri kita harus dibakar dan dimurnikan oleh api Roh Kudus. Sehingga apa yang kita kerjakan di dalam pelayanan memberitakan Injil kebenaran tentang Yesus bukan menurut selera maupun keinginan dari diri kita sendiri, melainkan dari kehendak Bapa.

Hanya penonton sajalah yang tidak akan mau terlibat di dalam penggilan pelayanan yang mulia ini. Karena penonton hanya bisa berkomentar. Tetapi jika kita adalah orang-orang pilihan Allah, kita akan membuka hati dan siap menerima kepenuhan Roh Kudus sehingga kita pun akan menerima kuasa untuk menjadi saksiNya dan terlibat di dalam menjangkau jiwa.

Seperti tertulis dibagian atas warta ini, tema GKJ WKM tahun ini adalah : “Meningkatkan Keterlibatan Warga Gereja Dalam Persekutuan”. Seluruh jemaat GKJ WKM diharapkan terlibat dalam persekutuan, dalam bentuk pelayanan-pelayanan yang mampu dikakukan oleh setiap individu. Roh Kudus selalu menyertai hidup kita, percayakan kepadaNya untuk memimpin setiap langkah pelayanan kita. Amin.

Share Artikel ini :

Tagged: ,