Nama-nama Kitab

Ilustrasi Alkitab

Beberapa waktu yang lalu, tetapnya tanggal 29 Januari 2011, pada Persekutuan Komisi Warga Dewasa (KWD) dilaksanakan Lomba Cerdas Tangkas Alkitab antar Blok se GKJ Wisma Kasih Mangunharjo. Singkat ceritera, dalam lomba tersebut Blok D mempunyai skor yang paling tinggi  dibandingkan dengan yang lain, kemudian disusul Blok C. Sedangkan Blok A dan B memiliki skor yang sama, sehingga harus memperebutkan pertanyaan tambahan dari Pak Pendeta Johanes Wibowo. Pertanyaannya tentang nama kitab dalam bahasa Jawa. Pertanyaan pertama yaitu Kitab Amsal dalam bahasa Jawa …, ternyata perwakilan Blok A maupun Blok B tidak ada yang bisa menjawab, sehingga diberikan pertanyaan tambahan kedua yaitu Kitab Ratapan dalam Bahasa Jawa, dan bisa dijawab oleh Blok A dengan Kidung Pasambat.

Nah, belajar dari pengalaman diatas, saya yang sama-sama tidak hafal dan tidak faham Kitab-kitab dalam Alkitab mencoba membuka Alkitab Elektronik yang ada di Laptop, mencoba mengetahui semua Kitab yang ada dalam tiga bahasa. Tujuannya agar saya bisa “sedikit” mengetahui dan memahami Nama-nama Kitab. Hmm barangkali berguna bagi teman-teman … inilah nama-nama kitab dalam tiga bahasa yang saya catat :

Semoga berguna …

  • Korinta

    Thank’s buat artikel ini. Terus terang saya juga tidak hafal kitab suci, meski jadi warga GKJ sejak lahir. Sungguh terlalu….
    Bagus lagi kalau tiap kegiatan ditambah foto”nya.

    • gkjwkm

      Terima kasih Bu Korinta atas Commentnya. Maaf Bu fotonya belum ada, nanti kalau sudah didapat akan segera di update.
      Selamat melayani Tuhan, GBU…

  • Pingback: Kitab-kitab Suci Kristiani; apa & bagaimana isinya | pendalamanalkitab4muslim

%d blogger menyukai ini: