Hidup Yang Diperbaharui

Renungan Minggu, 23 Januari 2011

Bacaan Kitab Suci : Kolose 3 : 5-17


Ilustrasi : Kolose

Manusia hidup selalu dipengaruhi oleh lingkungan dimana dia hidup, dan pengaruh lingkungan tersebut akan membentuk karakter seseorang. Karakter yang dimiliki seseorang akan menentukan perilaku seseorang dalam berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. Mengubah karakter seseorang merupakan hal yang sulit. Namun sebagai orang percaya kita perlu diperbaharui untuk kemuliaan Allah. Dari pembacaan ayat pokok diatas dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :

  • Ayat 5-11 adalah berbicara tentang perubahan
  • Ayat 12-14 adalah berbicara tentang karakter Kristus
  • Ayat 15-17 adalah berbicara tentang perwujudan kekristenan

1. PERUBAHAN

Kita harus mematikan segala sesuatu yang duniawi dalam diri kita, yaitu: pencabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan yang sama dengan penyembahan berhala (Kolose 3 : 5) dan kita harus membuang segala bentuk amarah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulut kita, dan jangan saling mendustai. Apabila semuanya itu kita lakukan berarti kita telah mengalami perubahan dan dengan perubahan yang kita alami maka kita akan tampak jelas segambar dan serupa dengan Allah.

2. KARAKTER KRISTUS

Apabila perubahan itu terjadi dalam hidup kita maka sebagai wujud perubahan tersebut, karakter Kristus akan nampak dalam hidup kita. Dalam Kolose 3 : 12-14 merupakan karakter Kristus yang harus tampak dalam hidup kita yaitu pengampunan dan kasih.

Ayub ketika sangat diberkati oleh Allah memiliki banyak kawan dan sahabat, namun ketika ujian datang dan ayub mengalami sakit dan jatuh miskin maka sahabat-sahabatnya mulai meninggalkan dia. Dalam kitab Ayub 42:10, Ayub mengalami pemulihan setelah ia meminta doa untuk sahabat-sahabatnya, dengan kata lain Ayub mengampuni sahabat-sahabatnya. Dan Tuhan memberkati Ayub berlipat ganda. Doa yang dijawab oleh Tuhan apabila kita mengampuni orang lain (Lukas 11 : 2-4). Dalam Yohanes 20:23, Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada. Disini jelas bahwa karakter Kristus itu adalah pengampunan.

3. PERWUJUDAN KEKRISTENAN

Setelah kita mengalami perubahan dan karakter Kristus ada dalam diri kita, maka sebagai perwujudan kekristenan kita, kita harus memperkatakan perkataan Kristus. Oleh karena itu segala yang kita lakukan, baik dalam perkataan maupun perbuatan kita lakukan dalam nama Tuhan Yesus. Hal ini sebagai perwujudan hidup yang telah diperbaharui atau ”manusia baru”.

Selamat mengalami perubahan didalam Kristus Tuhan.

Kolose 3:5-17

Manusia baru

3:5 Karena itu matikanlah dalam dirimu segala sesuatu yang duniawi, yaitu percabulan, kenajisan, hawa nafsu, nafsu jahat dan juga keserakahan, yang sama dengan penyembahan berhala, 3:6 semuanya itu mendatangkan murka Allah (atas orang-orang durhaka). 3:7 Dahulu kamu juga melakukan hal-hal itu ketika kamu hidup di dalamnya. 3:8 Tetapi sekarang, buanglah semuanya ini, yaitu marah, geram, kejahatan, fitnah dan kata-kata kotor yang keluar dari mulutmu. 3:9 Jangan lagi kamu saling mendustai, karena kamu telah menanggalkan manusia lama serta kelakuannya, 3:10 dan telah mengenakan manusia baru yang terus-menerus diperbaharui untuk memperoleh pengetahuan yang benar menurut gambar Khaliknya; 3:11 dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu. 3:12 Karena itu, sebagai orang-orang pilihan Allah yang dikuduskan dan dikasihi-Nya, kenakanlah belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan dan kesabaran. 3:13 Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian. 3:14 Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan. 3:15 Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah. 3:16 Hendaklah perkataan Kristus diam dengan segala kekayaannya di antara kamu, sehingga kamu dengan segala hikmat mengajar dan menegur seorang akan yang lain dan sambil menyanyikan mazmur, dan puji-pujian dan nyanyian rohani, kamu mengucap syukur kepada Allah di dalam hatimu. 3:17 Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita.

Bacaan Kitab Suci disadur dari :

http://alkitab.sabda.org/passage.php?passage=Kolose+3:5-17&mode=text

  • Praptowiloso

    Mohon keterangan, penjelasan dan uraian yang operasional (konkrit) tentang perwujudan KARAKTER KRISTUS yang harusnampak dalam kehidupan orang percaya, makasih.

%d bloggers like this: