Pengharapan Yang Menghidupkan

Renungan Minggu, 22 Januari 2012

Bacaan Kitab Suci :  Roma 5 : 1-11

Di dunia ini, tak ada satupun tempat yang dapat menawarkan pengharapan bagi orang yang merasa kekurangan pengharapan, dan tak satupun tokoh atau pahlawan handal yang dapat membantu seseorang memperbaharui pengharapannya. Oleh sebab itu, pengandalan seseorang pada manusia dan dunia hanya akan bermuara pada kekecewaan.

Dalam kondisi seperti itu, sungguh kitalah umat Allah  orang-orang yang paling mujur, sebab ketika pengharapan itu sirna, kita dapat menuju kepada Sang Sumber Pengharapan yang sejati, yakni Kristus sendiri. Ia memberi pengharapan dengan gratis (cuma-cuma) bagi setiap orang yang datang kepadaNya dalam kelemahan.

Didalam Kristus pengharapan itu berlimpah-limpah, serta memuaskan jiwa.

Dengan renungan ini, apapun yang sedang terjadi dalam hidup kita, bersandarlah dan datanglah kepada Yesus, Dia akan memberi pengharapan baru, yang pasti dan menghidupkan kekuatan kita kembali… Amin.

 

Roma 5:1-11

Hasil pembenaran

5:1 Sebab itu, kita yang dibenarkan karena iman, kita hidup dalam damai sejahtera dengan Allah oleh karena Tuhan kita, Yesus Kristus. 5:2 Oleh Dia kita juga beroleh jalan masuk oleh iman kepada kasih karunia ini. Di dalam kasih karunia ini kita berdiri dan kita bermegah dalam pengharapan akan menerima kemuliaan Allah. 5:3 Dan bukan hanya itu saja. Kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tahu, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, 5:4 dan ketekunan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. 5:5 Dan pengharapan tidak mengecewakan, karena kasih Allah telah dicurahkan di dalam hati kita oleh Roh Kudus yang telah dikaruniakan kepada kita. 5:6 Karena waktu kita masih lemah, Kristus telah mati untuk kita orang-orang durhaka pada waktu yang ditentukan oleh Allah. 5:7 Sebab tidak mudah seorang mau mati untuk orang yang benar–tetapi mungkin untuk orang yang baik ada orang yang berani mati–. 5:8 Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa. 5:9 Lebih-lebih, karena kita sekarang telah dibenarkan oleh darah-Nya, kita pasti akan diselamatkan dari murka Allah. 5:10 Sebab jikalau kita, ketika masih seteru, diperdamaikan dengan Allah oleh kematian Anak-Nya, lebih-lebih kita, yang sekarang telah diperdamaikan, pasti akan diselamatkan oleh hidup-Nya! 5:11 Dan bukan hanya itu saja! Kita malah bermegah dalam Allah oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, sebab oleh Dia kita telah menerima pendamaian itu.

%d bloggers like this: