Berbeda Itu Indah

Renungan Minggu, 6 Maret 2011

Bacaan Alkitab : I Korintus 12 : 12-31

Nats : I Korintus 12 : 25

“supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan”

Different Illustration

Dalam menjalani hidup kita tidak selalu mendapatkan apa yang kita inginkan, kenyataan hidup tidak selalu sebanding lurus dengan apa yang kita harapkan. Berbagai konflik dalam kehidupan akan senantiasa terjadi ketika kita tidak bisa melihat keanekaragaman (perbedaan) yang ada. Dalam hidup sehari-hari kita senantiasa berjumpa dan berinteraksi, dengan orang yang berbeda (latar belakang, watak, kepribadian, status sosial, dsb). Dalam keperbedaan yang ada, kita tidak perlu mencari siapa yang lebih baik, karena semua dicipta secara unik.

Mungkin itu sebabnya Tuhan menciptakan begitu banyak perbedaan dalam kehidupan sosial kita, yang tidak perlu kita perdebatkan dan mencari siapa yang lebih baik. Namun bagaimana kita bisa menghargai bahwa perbedaan itu ternyata indah. Sayangnya kita manusia terkadang menyukai keseragaman, sehingga sulit bagi kita untuk membuka diri terhadap perbedaan, terutama jika hal itu bertentangan dengan nilai yang kita anut. Bukan berarti kita harus mengorbankan idealisme, tetapi bagaimana kita menyikapi perbedaan dengan cara pandang yang positif.

Sebagaimana dalam ayat 25 oleh Rasul Paulus dijelaskan bahwa Allah sudah mengatur hubungan antar anggota itu sedemikian rupa didalam tubuh manusia yang saling melengkapi, saling menolong dan memerlukan, dan keanekaragaman (perbedaan) itu sudah dipersatukan dalam satu Tuhan.

Marilah kita memulai membuka pikiran dan cara pandang yang positif, dengan menghargai perbedaan yang ada. Sesungguhnya kita ini sedang mengagumi keindahan buatan tangan Tuhan. Amin.

1 Korintus 12:12-31

Banyak anggota, tetapi satu tubuh

12:12 Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. 12:13 Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. 12:14 Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota. 12:15 Andaikata kaki berkata: “Karena aku bukan tangan, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:16 Dan andaikata telinga berkata: “Karena aku bukan mata, aku tidak termasuk tubuh”, jadi benarkah ia tidak termasuk tubuh? 12:17 Andaikata tubuh seluruhnya adalah mata, di manakah pendengaran? Andaikata seluruhnya adalah telinga, di manakah penciuman? 12:18 Tetapi Allah telah memberikan kepada anggota, masing-masing secara khusus, suatu tempat pada tubuh, seperti yang dikehendaki-Nya. 12:19 Andaikata semuanya adalah satu anggota, di manakah tubuh? 12:20 Memang ada banyak anggota, tetapi hanya satu tubuh. 12:21 Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.” 12:22 Malahan justru anggota-anggota tubuh yang nampaknya paling lemah, yang paling dibutuhkan. 12:23 Dan kepada anggota-anggota tubuh yang menurut pemandangan kita kurang terhormat, kita berikan penghormatan khusus. Dan terhadap anggota-anggota kita yang tidak elok, kita berikan perhatian khusus. 12:24 Hal itu tidak dibutuhkan oleh anggota-anggota kita yang elok. Allah telah menyusun tubuh kita begitu rupa, sehingga kepada anggota-anggota yang tidak mulia diberikan penghormatan khusus, 12:25 supaya jangan terjadi perpecahan dalam tubuh, tetapi supaya anggota-anggota yang berbeda itu saling memperhatikan. 12:26 Karena itu jika satu anggota menderita, semua anggota turut menderita; jika satu anggota dihormati, semua anggota turut bersukacita. 12:27 Kamu semua adalah tubuh Kristus dan kamu masing-masing adalah anggotanya. 12:28 Dan Allah telah menetapkan beberapa orang dalam Jemaat: pertama sebagai rasul, kedua sebagai nabi, ketiga sebagai pengajar. Selanjutnya mereka yang mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, untuk menyembuhkan, untuk melayani, untuk memimpin, dan untuk berkata-kata dalam bahasa roh. 12:29 Adakah mereka semua rasul, atau nabi, atau pengajar? Adakah mereka semua mendapat karunia untuk mengadakan mujizat, 12:30 atau untuk menyembuhkan, atau untuk berkata-kata dalam bahasa roh, atau untuk menafsirkan bahasa roh? 12:31 Jadi berusahalah untuk memperoleh karunia-karunia yang paling utama. Dan aku menunjukkan kepadamu jalan yang lebih utama lagi.
Dapat pula dibaca di

  • Jans winner

    Uraian yg sangat bagus. membantu sy dalam pelayanan……..GBU

%d bloggers like this: