Tuntunlah Kami Menurut RencanaMu Menyatakan Keadilan & Perdamaian

Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan sepanjang waktu!

Mazmur 106:3

 

Beberapa tahun pasca reformasi di negara kita semakin deras arus perubahan yang terjadi dalam berbagai sisi kehidupan, baik yang berdampak baik maupun yang berpotensi menimbulkan kerawanan dalam kehidupan sosial masyarakat karena semakin terbukanya ketidakadilan yang terjadi, baik dalam bidang ekonomi, hukum dan keberagaman budaya dan agama, sehingga berpengaruh terhadap kedamaian yang terjalin di masyarakat bahkan gereja. Dalam kesempatan ini tiap orang dengan mudah mengungkapkan ketidaksukaan, ketidakpuasan dan kekecewaan terhadap hal-hal yang dianggapnya salah dan mengekpresikannya tanpa memperhatikan tatanan sosial, budaya dan hukum yang berlaku lagi.

Kondisi di atas tentu menjadi keprihatinan yang mendalam bagi kita Umat Kristen sebagai bagian dari warga negara Indonesia dalam ikut andil untuk menciptakan keadilan dan perdamaian bersama, walaupun dalam lingkup kecil dan terbatas.

Bagaimana kita bisa mewujudkan hal itu? Difirmankan dalam Mazmur 106:3 “Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan sepanjang waktu!”. Allah sebagai Pemilik Kehidupan dan Hukum atas manusia telah memberikan jalan dan sesuai judul di atas kita harus siap dan ikhlas untuk dituntun oleh penyertaan Roh Kudus dalam berbagai situasi dan kondisi yang terjadi untuk menyatakan keadilan dan perdamaian, baik dalam pergumulan di keluarga, masyarakat maupun di gereja. Melalui firman itu kita diajak untuk berpegang pada hukum dan melakukan keadilan senantiasa, karena hal itu yang akan memberi kebahagiaan. Tidak hanya untuk diri sendiri tetapi orang lain juga.
Dengan demikian umat Kristen akan semakin dibangun dan dapat berbuah dalam Kristus sehingga akan menjadi berkat dalam kehidupan sehari-hari ditengah kehidupan yang sedang bergumul dengan keadilan dan perdamaian. Amin.
Tuhan memberkati.

%d bloggers like this: