Sudah Kutemukan Keadilan & Perdamaian

Renungan Minggu, 13 Januari 2013

Bacaan Alkitab : Markus 5 : 18-20

 

Keadilan dan Kebenaran sangat dibutuhkan oleh  semua orang, namun masih banyak orang yang belum memperoleh dan merasakannya. Banyak sebab orang tidak dapat mengalami hal itu,diantaranya karena tindakan atau perlakuan orang lain yang lebih menghargai dan mengutamakan harta kekayaan ketimbang menghargai harkat dan martabat manusia. Di tengah kehidupan dimana banyak orang mengalami ketidak adilan dan damai inilah Tuhan menempatkan kita.

Bacaan kita mengisahkan peristiwa disebuah tempat yang bernama Gerasa, dimana ada seorang sakit dan diasingkan dari masyarakat kemudian disembuhkan oleh Yesus. Penyembuhan oleh Yesus bagi orang itu merupakan pemulihan harkat dan martabatnya sebagai manusia. Dengan disembuhkannya oleh Yesus dia merasa mendapat keadilan dari Tuhan dan diperdamaikan dengan masyarakat yang telah mengasingkannya. Dengan demikian perjumpaannya dengan Yesus dia menemukan Keadilan dan Perdamaian, dan sebagai rasa syukur serta terima kasih dirinya hendak mengikut Yesus. Menanggapi permintaan itu Yesus menyuruhnya pulang untuk memberitahukan kepada orang-orang di kampungnya tentang segala sesuatu yang sudah dialaminya.

Natal tentunya juga merupakan peristiwa dimana Allah memberikan keadilan dan Perdamaian kepada manusia (termasuk kita), karena melalui Natal Keadilan dan Perdamaian itu dinyatakan, sudahkah kita merasakannya? Sebagaimana Yesus mengutus orang yang sudah disembuhkan di Gadara, maka kini Yesus juga mengutus kita untuk menyaksikan Keadilan dan Perdamaian yang  telah kita terima itu di dalam kehidupan kita (di dalam Jemaat, keluarga dan masyarakat) supaya orang melihat dan merasakan seperti yang telah kita rasakan.

Pengutusan yang kita terima dan jalankan adalah sebagai tanda bahwa kita hidup bertumbuh dan Berbuah di dalam Kristus serta merupakan wujud Pelayanan kita kepada Tuhan dan Sesama sekaligus menjadi tuntunan bagi kita untuk hidup dalam Keadilan dan Perdamaian.

Tuhan memberkati.

 

%d bloggers like this: