Ekspresikan Imanmu Dalam Ketaatan

Bacaan :  Kejadian 15: 1-6

 

Ada suatu alasan yang menjadi dasar seseorang dalam melakukan sesuatu hal, Inilah yang dirasakan oleh Abram disaat usia sudah tidak muda lagi tetapi belum diberi keturunan sebagai ahli waris nantinya. Padahal sebelumnya Allah sudah menyatakan melalui firmanNya agar Abram jangan takut, karena Allah sendiri yang berfirman bahwa Ia sebagai perisai dan akan memberi upah yang sangat besar.

Dalam kehidupan keseharian kita sering kurang percaya akan janji Tuhan, terutama pada saat mengalami pergumulan hidup, kecemasan, kegalauan, bahkan putus asa yang mendera kita. Kita lupa bahwa Tuhan senantiasa menjaga kita yang percaya kepadaNya.

Pada saat titik tertentu disadari atau tidak kadang kita protes pada Tuhan “kenapa harus mengalami seperti ini atau seperti itu”, seperti yang di ucapkan Abram saat protes pada Tuhan dengan bertanya apa yang akan diberikan Tuhan kepadanya apabila meninggal dan tidak punya anak.

Karena kasihnya Allah kepada Abram, melalui firman Allah menegaskan bahwa anak kandungnyalah yang akan menjadi ahli warisnya. Allah juga menegaskan janjiNya dengan membawa  Abram keluar untuk melihat bintang di langit yang menggambarkan keturunannya kelak yang tidak terhitung. Akhirnya percayalah Abram kepada Tuhan, maka Tuhan memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran. Itulah bentuk iman ketaatan Abram pada Tuhan.

Demikian juga kita bisa mencontoh bentuk ketaatan yang dilakukan oleh Abram. Sering Tuhan bicara kepada kita tapi kita sendiri yang kurang peka, sehingga fokus kita ada pada persoalannya bukan pada sumber solusi persoalah hidup yaitu Allah Bapa di surga.

Marilah kita semua selalu bisa belajar mengerti kehendak Tuhan, dengan berkomunikasi dengan Tuhan lewat doa, baca firman, bersekutu dan aktifitas lain dimana kita menjadi saksi dimanapun kita berada. Jika yang kita lakukan seturut dengan kehendak Tuhan dan taat dengan segala perintahnya maka kita akan menerima upah yang tidak ternilai, seperti janji Tuhan pada Abram. Amin

%d bloggers like this: