Karya Kekal Allah Tritunggal

Bacaan :  Kejadian 1:1-2:4a, Mazmur 8, 2 Korintus 13:11-13, Matius 28:16-20

  

Sebelum kita mengenal karya kekal Allah Tritunggal, kita harus menyamakan presepsi tentang apa yang dimaksud dengan Allah Tritunggal. Allah Tritunggal terdiri dari Allah Bapa, Allah Anak (Yesus) dan Allah Roh Kudus. Doktrin ini adalah monotheisme (satu Allah) kenapa, karena ini adalah satu Allah namun mempunyai tiga pribadi. Tiga Pribadi itu mempunyai sifat dasar yang sama, yaitu Allah. Allah Bapa adalah Allah. Allah Anak adalah Allah, dan Allah Roh Kudus adalah Allah. Namun Ketiganya memiliki Satu Esensi, yaitu esensi Allah. Maka Ketiga Pribadi itu adalah Satu Allah.

Dalam Kejadian 1:1-2,4a disini dinyatakan bahwa Allah dalam wujud Roh yang melayang-layang. Dan Dialah yang menciptakan terang dan gelap dan memisahkannya. Dalam Mazmur 8:4 pun dikatakan bahwa langit adalah buatan jari-jari Tuhan, bulan dan bintang Allah juga yang menatanya dilangit. Kita sering takjub melihat semuanya itu dengan heran dan berkata “Allahku luar biasa, Dia yang menciptkan ini semua”. Namun pernahkan kita bertanya “hal kekal apa yang dibuat Tuhan di bumi ini?” Jawabannya adalah KITA ANAK-ANAKNYA.

 Kenapa “kita”, karena kitalah yang diciptakan hampir seperti Allah (Mazmur 8:6) dan kita dimahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. Bahkan kita diciptakan serupa dan segambar dengan Allah. Dan kitalah yang berkuasa atas segala ciptaanNya.(Mazmur 8:7). Kitalah yang diberi berkat, kita yang disertai oleh ketiga pribadi Allah (2 Korintus 13:13). Setiap kita dibaptis dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus. Dan kita sudah diajar dengan ajaran Yesus (Anak Allah) dan saat ini kita selalu disertai Roh Kudus. Namun apakah kita sering menyenangkan hati Tuhan? Judi, mencuri uang gereja, ingin menjadi yang paling dihormati di gereja, ribut dengan sesama anggota gereja, jarang ke gereja, jarang aktif dalam persekutuan, tidak pernah membaca Alkitab, dan jarang berdoa, selingkuh dengan sesama anggota gereja. Apakah itu cerminan dari  serupa dan segambar dengan Allah, hampir mirip dengan Allah? Kita sering sombong dengan “aku orang Kristen, aku anak-anak Allah, aku yang paling di kasihi. Tapi apa kita semua sudah bersikap benar dimataNya? Apa kita sudah benar-benar mentaati firmanNya? Allah Bapa menangis melihat kita yang mana adalah Karya Kekalnya berbuat tidak sesuai dengan firmanNya. Sudahkah kita menerapkan ajaran Allah Anak (Yesus) dalam diri kita? Sudahkah kita mendengarkan Roh Kudus yang tiap kali mengingatkan kita untuk hidup sesuai dengan firman Tuhan? Mari kita renungkan bersama dan kembalilah pada jalanNya. Karena kitalah yang harus mengusahakan diri kita supaya sempurna dimataNya (2 Korintus 13:11). Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus, dan kasih Allah, dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian (2 Korintus 13:13). Amin.

%d bloggers like this: