Bersaksi Tentang Karya Allah Yang Besar

Bacaan : Mazmur 31 : 1-5, 15-16

 

Mazmur Daud ini adalah sebuah doa yang memohon perlindungan kepada Tuhan. Pada waktu itu Daud mengalami ancaman dari para musuhnya. Meskipun Daud mengalami berbagai macam ancaman namun Daud percaya Tuhan akan melepaskan dan menyelamatkannya.

Mengapa Daud sangat percaya? Jawabannya karena Daud mengalami dan menyaksikan karya Allah yang telah membebaskan atau melepaskannya disaat bahaya mengancamnya. Setiap Daud mengalami kesusahan ataupun ancaman, Daud selalu mengandalkan Tuhan dan Daud tidak pernah memandang persoalan dari sisi yang negatif namun memandang setiap persoalannya dengan hati yang penuh syukur dan hati yang taat. Daud dapat bersaksi dengan imannya dengan mengatakan Allah adalah gunung batu tempat perlindunganku dan bukit batu dan pertahananku.

Saat ini kita dihadapkan dalam situasi yang sangat tidak mengenakkan karena suatu wabah penyakit yang sangat membahayakan, dan banyak yang menderita karena wabah ini. Ekonomi menjadi tidak stabil, banyak yang terkena PHK, bahkan beribadahpun secara bersama-sama tidak bisa. Namun demikian apakah kita akan melihat dari sisi penderitaan saja? Tentu tidak, mari kita belajar dari Daud yang melihat penderitaan dengan hati yang penuh syukur, taat, dan percaya. Karena dengan hati yang bersyukur kita akan dapat menyaksikan dan bersaksi akan karya Allah dalam sebuah penderitaan yang kita alami. Sebagai contoh dalam masa wabah ini banyak masyarakat saling peduli, udara menjadi segar, dan kita yang dulu jarang persekutuan dengan keluarga sekarang dapat beribadah dan bersekutu dengan keluarga. Inilah contoh karya Allah yang besar meskipun karyaNya dalam kesulitan yang kita alami.

Iman kita diuji dan dibuktikan dalam setiap situasi baik dalam suka dan kemudahan, maupaun dalam duka dan kesulitan. Mari terus belajar dan memiliki hati yang penuh syukur dan percaya seperti Daud, sehingga setiap kita dapat bersaksi tentang karya Allah meskipun dalam masa sulit ini. Tuhan Yesus memberkati.

%d bloggers like this: