Teladan Keteguhan

Bacaan :  Filipi 3:17 – 4:1

Di tengah gempuran informasi yang tak terbendung, yang benar dan terutama yang bohong (hoax), termasuk yang tak sesuai dengan kepercayaan kita; banyak masyarakat yang gagap mensikapinya, bahkan tak sedikit yang menjadi korban.

Beberapa pakar berpendapat bahwa terutama yang diperlukan adalah kemampuan berpikir kristis sebagai benteng atau filter untuk menghadapi hal tersebut. Bukan sekedar bersikap sebagai konsumen dari semua informasi yang ada.

Berkaitan dengan hal tersebut, sebagai orang percaya, kita mendapatkan keteladanan untuk dapat tetap teguh beriman seperti dalam bacaan di atas. Paulus menasehatkan agar kita senantiasa meningkatkan pengertian yang telah kita capai dan melanjutkannya sesuai jalan orang percaya, sehingga kita mampu berpikir kritis.

Dengan itu kita diharapkan senantiasa dapat beridiri teguh guna melaksanakan misi yang Tuhan perintahkan, sebagaimana Yesus melaksanakan sekalipun resiko kematian yang dihadapiNya. Selanjutnya kita diharapkan justru dapat menjadi teladan dalam hal keteguhan menghadapi berbagai macam tantangan bahkan ancaman, sebagaimana Rasul Paulus menghadapinya.

%d bloggers like this: