Carilah Yang Paling Berharga

Matius 13 :  31-33,  44-52

 

Setiap orang mempunyai pilihan untuk mencari sesuatu yang paling berharga dalam hidupnya, ada yang menginginkan bisnis sukses, kaya raya, mempunyai kekuasaan dan jabatan penting di sebuah instansi, berhasil dalam studi, politikus atau ilmuwan terkenal, masih banyak lagi.

Untuk mencapai tujuan itu orang berjuang dan berusaha sedemikian rupa dengan kerja keras, semakin giat berusaha diyakini dapat berhasil.

Sibuk mengejar perkara-perkara jasmani atau duniawi adalah sah-sah saja, asalkan tidak melupakan perkara rohani yang tentunya lebih berharga dan mulia. Karena haruslah ada keseimbangan antara duniawi dan rohani. Harta benda, kekuasaan, jabatan, orang terkemuka dan seterusnya, semuanya itu hanya berlangsung ketika kita hidup di dunia yang sifatnya sementara saja, sedangkan upaya untuk mencari harta terpendam (perkara rohani) sering diabaikan padahal hal kerajaan sorga adalah paling berharga dan bersifat kekal.

Firman Tuhan Matius 13 : 44-46 Hal Kerajaan Sorga seumpama harta terpendam dan mutiara yang indah. Mutiara tersebut merupakan sesuatu hal yang sangat berharga sehingga orang rela menjual seluruh harta miliknya untuk membeli dan mendapatkan mutiara itu.

Perumpamaan ini mengingatkan kita akan pilihan hidup, memilih apa yang paling penting, paling berharga dengan berani meninggalkan yang lain, meskipun yang lain diperlukan sifatnya hanya sebagai pendukung dan yang paling tinggi nilainya adalah kerajaan Allah.

Firman Tuhan Matius 6:33 juga memperingatkan; Tetapi carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.

Tuhan telah menawarkan tiket yang menjadi jalan keselamatan manusia, jadikanlah sebagai tujuan hidup kita yang paling berharga hidup damai kekal di tangan Tuhan. Amin.

%d bloggers like this: