Kasih Mengubah Segalanya

Bacaan : Kisah Para Rasul 9:1-20

 

Dalam bacaan minggu ini menceritakan Saulus, seorang petinggi agama Yahudi yang sangat membenci pengikut Tuhan Yesus, sangat bersemangat untuk menangkap dan membunuh pengikut Yesus (ayat 1). Dan yang membuat takjub adalah bahwa semua yang dilakukan Saulus mendapat restu dari Majelis agama Yahudi. Agama mana yang melegalkan seseorang menghilangkan nyawa/membunuh sesamanya di dunia ini? Tidak ada kecuali terjadi penyelewengan terhadap apa yang dipahaminya tentang ajaran agama itu sendiri. Yang istimewa dalam perikop kita adalah bahwa dalam upaya Saulus untuk memusnahkan pengikut Yesus, justru saat itulah Saulus ditangkap dan diubah oleh Yesus. Dari seorang yang sangat jahat (ayat 1-2) berubah seratus delapan puluh derajat menjadi seorang yang menyerahkan hidupnya bersaksi tentang Yesus (ayat 20). Setelah merasakan kasih Yesus, Saulus mengubah haluan hidupnya menjadi pewarta Injil.

Selain Saulus, dalam perikop ini, kita juga dapat melihat perubahan besar yang terjadi pada Ananias. Ketika Tuhan memberitahukan kepada Ananias untuk menjumpai Saulus, apa reaksi Ananias? Sudah pasti menolak (ayat 13). Tetapi kemudian Ananias berubah, dari menolak kehadiran Saulus dan menolak juga untuk meghampiri Saulus menjadi seseorang yang mau datang, bahkan datang dengan pernyataan: ”Saulus saudaraku…” (ayat 17). Dalam perikop ini, kita melihat orang yang keras menjadi lembut, bermusuhan menjadi saudara, semua karena Tuhan sang Penebus Agung.

Tuhan, dengan cinta-Nya, mengubah karakter Saulus dan Ananias untuk menciptakan babak baru bagi keduanya. Saulus diubah dari pembenci Injil menjadi pewarta injil, Ananias diubah dari ”si penolak” menjadi ”si penyaksi” kuasa Kristus yang sanggup mengubah kehidupan. Kasih mengubah segalanya.

Persoalannya adalah apakah kita mau berubah? Setelah membaca kesaksian Firman Allah hari ini, apakah masih ada alasan bagi kita untuk tidak bisa berubah?

Mari kita berjuang untuk berubah menuju kebaikan. Yakinkan diri kita bahwa kasih Tuhan mampu mengubah segalanya

 

 

 

 

%d bloggers like this: