Sukacita Yang Sempurna

Yohanes 20 : 19-31

 

Berita Paskah Adalah berita sukacita. Yesus Kristus telah bangkit dan menang! Berita paskah merupakan kesaksian yang otentik dari pribadi–pribadi yang mengalami perjumpaan langsung dengan Tuhan Yesus dan karya-Nya.

Berita paskah telah mengubah hidup orang–orang percaya menjadi lebih baik. Kehidupan jemaat mula–mula menunjukkan hal ini. Sukacita paskah telah membuat hidup menjadi lebih hidup. Orang – orang yang telah menjadi percaya oleh pemberitaan Para Rasul hidup dalam persekutuan yang indah. Mereka hidup bersama dengan sehati dan sejiwa. Kasih dan kepedulian sungguh nyata dalam keseharian mereka. Para Rasul bersaksi tentang kebangkitan Tuhan Yesus dengan penuh hikmat.

Rasul Yohanes bersaksi “Allah adalah terang dan di dalam Dia sama sekali tidak ada kegelapan“. Orang yang hidup dalam Tuhan, Berarti hidup dalam terang, hidup dalam kebenaran. Hal ini tidak dimaksudkan agar orang–orang percaya mengaku diri benar dan suci, melainkan agar mereka mengakui dosa-dosanya dan sungguh–sungguh bertobat di hadapan Tuhan. Dengan demikian, Allah yang setia dan adil akan mengampuni dan menyucikan hidupnya. Hidup di dalam terang juga berarti hidup dalam pengharapan. Pengharapan itu ada di dalam Yesus Kristus yang bertindak sebagai pengantara dan sekaligus sebagai pendamaian untuk segala dosa.

Kehidupan orang percaya pada dasarnya adalah hidup yang penuh sukacita. Karena pengampunan dosa dan damai sejahtera diberikan oleh Tuhan Yesus. Sayangnya, masih ada orang percaya yang belum sungguh-sungguh merasakannya.

Apakah saudara termasuk di dalamnya?? Bila memang kita belum sungguh merasakan sukacita dan damai sejahtera yang diberikan Tuhan. Kita bisa belajar dari pengalaman Thomas (Yohanes 20 : 24–29).

Pada injil ini Thomas tidak bisa merasakan sukacita karena ia tidak percaya bahwa Tuhan Yesus Telah bangkit dan membawa kabar sukacita bagi murid–murid-Nya. Ketidakpercayaan memang menjadi penghalang terbesar untuk bisa merasakan sukacita dan damai sejahtera dari Tuhan. Oleh sebab itu, dengan Paskah-Nya, Tuhan Yesus rindu memberikan sukacita yang sempurna kepada kita, agar kita hidup dalam sejahtera. Sukacita yang menyemangati kita dalam memberitakkan anugerah keselamatan di dalam Tuhan Yesus Kristus. Sukacita yang menjadi dasar persekutuan yang indah dan damai.

 

Tuhan Yesus Sudah Bangkit! Pecayalah dan Yakinlah, Serta bersukacitalah! Amin

%d blogger menyukai ini: