Sang Terang Akan Datang Bersiaplah Untuk Melayani-Nya

Renungan Minggu, 23 Desember 2012

Bacaan Alkitab : Mat 2 : 1-23 dan Yohanes 1:1-5 

 

Kalau kita lihat banyak cara yang dilakukan oleh orang Kristen untuk mempersiapkan Natal tiap tahunnya dengan cara yang berbeda-beda antara lain : menghias rumah dengan pernak-pernik Natal, latihan koor untuk mengisi acara Natal di Gereja dan lain-lain, kegiatan-kegiatan tersebut hampir setiap tahun kita lakukan.

Merenungkan kembali kisah 2000 tahun yang silam, bagaimana berita kelahiran-Nya menjadi semangat bagi beberapa kelompok masyarakat pada waktu itu dan cara melayani Tuhannya. Ada bermacam-macam sikap yang ditunjukkan mereka, seperti dalam Matius 2:1-3 : … “Di manakah Dia, raja orang Yahudi yang baru dilahirkan itu? Kami telah melihat bintang-Nya di Timur dan kami datang untuk menyembah Dia. Setelah ditemukannya Anak itu… Mereka pun membuka tempat harta bendanya dan mempersembahkan persembahan kepada-Nya, yaitu emas, kemenyan dan mur.

Mat  2 : 3,8,13 :  Ketika raja Herodes mendengar hal itu terkejutlah ia beserta seluruh Yerusalem. Kemudian ia menyuruh mereka ke Betlehem, katanya: “Pergi dan selidikilah dengan seksama hal-hal mengenai Anak itu dan segera sesudah kamu menemukan Dia, kabarkanlah kepadaku supaya aku pun datang menyembah Dia.” … karena Herodes akan mencari Anak itu untuk membunuh Dia.

Mat 3:1-2  Pada waktu itu tampillah Yohanes Pembaptis di padang gurun Yudea dan memberitakan “Bertobatlah, sebab Kerajaan Sorga sudah dekat!”

“Dari hal tersebut dapat kita lihat bahwa ada beragam sikap yang ditunjukkan mereka dalam menyikapi kedatangan-Nya dengan cara dan tujuan-tujuan yang berbeda. Bagaimana dengan kita dalam menyambut kedatangan-Nya? Dan apakah kita siap untuk melayaniNya?

 

%d blogger menyukai ini: