Solidaritas Kepada Sesama

Renungan Minggu, 18 Maret 2012

Bacaan Kitab Suci : Matius 25:31-46

Nas : Matius 25:40

“Dan Raja itu akan menjawab mereka : Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku”

 

…. solidaritas adalah ketetapan hati yang mantap dan tekun untuk membaktikan diri pada kesejahteraan umum, yaitu pada kebaikan semua orang dari setiap individu …

Pada hari Valentine kamarin, saya mendapat pesan Tuhan untuk memperhatikan orang kelas bawah. Saya langsung melakukannya dengan  memberikan mereka nasi kotak kepada beberapa orang. Saya diingatkan Tuhan dengan Matius 25:40. Saya merasa bahwa kadang kita kurang menunjukkan rasa solidaritas kita kepada orang-orang yang berada dibawah kita. Kita cenderung melakukan solidaritas kepada orang yang setara dengan kita atau bahkan yang lebih tinggi dari kita.

Pada Matius 25:31-46 diperlihatkan dua sikap orang yang memiliki sifat solidaritas yang berbeda dan akhirnya mereka menuai hasilnya sendiri-sendiri. Yang pertama, adalah sikap orang memperhatikan orang-orang yang menderita dan hasilnya adalah Kerajaan (Matius 25:34). Yang kedua, adalah sikap orang yang tidak mau memperhatikan orang yang menderita dan hasilnya adalah hukuman yaitu api yang kekal yang disediakan bagi iblis dan malaikat-malaikatnya (matius 25:41).

Mari saudaraku yang terkasih dalam Tuhan, mulailah kita memperhatikan orang-orang yang kekurangan. Karena jika kita menabur maka kita akan menuai hasilnya berlipat ganda, sedangkan kalau hanya kita simpan maka semuanya akan habis dimakan ngengat dan belalang pelahap. Sikap solidaritas terhadap sesama dimulai dari hal yang kecil terlebih dahulu. Yaitu memperhatikan orang yang berada disekitar kita, dengan melakukan bermacam-macam kebaikan terhadap mereka. Diberkati untuk memberkati. Only by His Grace. 

Matius 25:31-46

Penghakiman terakhir

25:31 “Apabila Anak Manusia datang dalam kemuliaan-Nya dan semua malaikat bersama-sama dengan Dia, maka Ia akan bersemayam di atas takhta kemuliaan-Nya. 25:32 Lalu semua bangsa akan dikumpulkan di hadapan-Nya dan Ia akan memisahkan mereka seorang dari pada seorang, sama seperti gembala memisahkan domba dari kambing, 25:33dan Ia akan menempatkan domba-domba di sebelah kanan-Nya dan kambing-kambing di sebelah kiri-Nya. 25:34 Dan Raja itu akan berkata kepada mereka yang di sebelah kanan-Nya: Mari, hai kamu yang diberkati oleh Bapa-Ku, terimalah Kerajaan yang telah disediakan bagimu sejak dunia dijadikan. 25:35 Sebab ketika Aku lapar, kamu memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu memberi Aku minum; ketika Aku seorang asing, kamu memberi Aku tumpangan; 25:36 ketika Aku telanjang, kamu memberi Aku pakaian;ketika Aku sakit, kamu melawat Aku; ketika Aku di dalam penjara, kamu mengunjungi Aku. 25:37 Maka orang-orang benar itu akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar dan kami memberi Engkau makan, atau haus dan kami memberi Engkau minum? 25:38 Bilamanakah kami melihat Engkau sebagai orang asing, dan kami memberi Engkau tumpangan, atau telanjang dan kami memberi Engkau pakaian? 25:39 Bilamanakah kami melihat Engkau sakit atau dalam penjara dan kami mengunjungi Engkau? 25:40 Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku. 25:41 Dan Ia akan berkata juga kepada mereka yang di sebelah kiri-Nya: Enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu orang-orang terkutuk, enyahlah ke dalam api yang kekal yang telah sedia untuk Iblis dan malaikat-malaikatnya. 25:42 Sebab ketika Aku lapar, kamu tidak memberi Aku makan; ketika Aku haus, kamu tidak memberi Aku minum; 25:43 ketika Aku seorang asing, kamu tidak memberi Aku tumpangan; ketika Aku telanjang, kamu tidak memberi Aku pakaian; ketika Aku sakit dan dalam penjara, kamu tidak melawat Aku. 25:44 Lalu merekapun akan menjawab Dia, katanya: Tuhan, bilamanakah kami melihat Engkau lapar, atau haus, atau sebagai orang asing, atau telanjang atau sakit, atau dalam penjara dan kami tidak melayani Engkau? 25:45 Maka Ia akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang tidak kamu lakukan untuk salah seorang dari yang paling hina ini, kamu tidak melakukannya juga untuk Aku. 25:46 Dan mereka ini akan masuk ke tempat siksaan yang kekal, tetapi orang benar ke dalam hidup yang kekal.”

%d blogger menyukai ini: