Mengikut Yesus

Renungan Minggu, 4 Maret 2012

Bacaan Kitab Suci : Matius 16:24-28

Nas : Matius 16:24

 

Mengikut orang atau seseorang yang belum kita kenal dan tidak jelas arah tujuannya tentu saja rasanya berat sekali. Kalau kita dijanjikan tentang hal-hal yang enak nantinya mungkin akan mau dan merasa senang, tetapi bila kita disuruh menanggung beban yang berat dari orang yang kita ikuti tentu hati kita akan menentangnya, bahkan kita sama sekali tidak sudi mengikutinya.

Dalam bacaan kita ditegaskan bahwa :

Yang pertama,  mengikut Yesus bukanlah perkara yang gampang, ada harga yang harus dibayar dan harga itu amat mahal, “Setiap orang yang mengikut aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut aku”. Yesus menghendaki pengikut-pengikut yang sadar, paham, tidak hanya ikut-ikutan, terpikat oleh janji-janji lalu lupa membuat kalkulasi mampukah kubayar nanti?

Yang kedua, Yesus katakan bahwa harga sebuah kemuridan untuk mengikut Dia itu tinggi sakali, mengapa? Sebab Yesus memang bukan barang murahan dan yang kita peroleh apabila benar-benar mengikut Dia juga bukan hadiah sembarangan,  “Dan setiap orang yang karena namaKu meninggalkan segala sesuatu akan menerima seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal” (Mat 19:29). Jadi wajar sekali apabila kita mau memperoleh barang yang “bagus” kita mesti bersedia membayar mahal. Masalahnya adalah apakah kita memang benar-benar menganggap Yesus itu cukup berharga? Lebih berharga dari yang lain termasuk keluarga bahkan diri kita?

Yang ketiga, Yesus menghendaki agar kita yang mengikut Dia adalah pengikut yang konsekuen, berani menanggung resiko dan menjadikan Dia yang nomer satu dan yang satu-satunya dalam hidup kita. Ketika kita rela berkorban dan memikul salib demi Yesus kita pasti akan memperoleh anugerah yang besar sekali. Bertahanlah! Iman dan kesetiaan kita kepada Yesus tidak akan mengecewakan. Amin.

Matius 16:24-28

16:24 Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku. 16:25 Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. 16:26 Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? 16:27 Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. 16:28 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.”

%d blogger menyukai ini: