Wartakan KebangkitanNya

Renungan Minggu, 1 Mei 2011

Bacaan Kitab Suci : Yohanes 20 : 11-18

Nats : Yohanes 20 : 17

Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.”

Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena

Sejak manusia jatuh kedalam dosa, maka hubungan manusia dan Allah terputus, karena Allah telah mengusir manusia dari taman Eden (Kejadian 3:23-24) dan upah dosa adalah maut (Roma 6:23).

Tetapi karena Allah begitu besar cinta kasihNya kepada manusia sehingga Allah yang penuh kemuliaan turun menjadi manusia sejati, yang setia, dan taat hingga dikayu salib yaitu Tuhan Yesus Kristus, supaya manusia yang berdosa tidak binasa melainkan beroleh hidup yang penuh damai sejahtera dan memperoleh keselamatan yang kekal dan abadi.

Minggu lalu kita baru merayakan peristiwa kebangkitanNya. Kebangkitan Tuhan Yesus atau peristiwa Paskah menunjukkan : cinta kasih Allah kepada manusia itu nyata melalui pengorbananNya hubungan antara Allah dengan manusia dipulihkan. Mujizat Allah dinyatakan dari kelahiranNya, karya-karyaNya (orang mati dibangkitkan Yohanes 11:42-44, orang buta dan orang lumpuh disembuhkan Markus 2:1-12, Tuhan Yesus memberi 4000 orang, wafat sampai kebangkitannya, dan masih banyak mujizat-mujizat lain yang luar biasa yang sampai kini masih ada dan nyata).

Sesudah kebangkitanNya Tuhan Yesus menampakkan kepada murid-muridNya dan kepada Maria Magdalena. Tuhan bersabda: ”….pergilah kepada saudara-saudaraKu dan katakanlah kepada mereka…..”

Tuhan Yesus bersabda untuk mewartakan kabar kebenaran kasih dan damai sejahtera kepada murid-muridNya, juga kepada kita orang-orang percaya. Kita harus membawa kabar berita kepada dunia bahwa Allah itu kasih dan berkuasa, kita tidak perlu sangsi untuk menerima Sang Penebus, Tuhan Yesus Kristus. Amin.

Tuhan memberkati.

Yohanes 20:11-18

Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena

20:11 Tetapi Maria berdiri dekat kubur itu dan menangis. Sambil menangis ia menjenguk ke dalam kubur itu, 20:12 dan tampaklah olehnya dua orang malaikat berpakaian putih, yang seorang duduk di sebelah kepala dan yang lain di sebelah kaki di tempat mayat Yesus terbaring. 20:13 Kata malaikat-malaikat itu kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis?” Jawab Maria kepada mereka: “Tuhanku telah diambil orang dan aku tidak tahu di mana Ia diletakkan.” 20:14 Sesudah berkata demikian ia menoleh ke belakang dan melihat Yesus berdiri di situ, tetapi ia tidak tahu, bahwa itu adalah Yesus. 20:15 Kata Yesus kepadanya: “Ibu, mengapa engkau menangis? Siapakah yang engkau cari?” Maria menyangka orang itu adalah penunggu taman, lalu berkata kepada-Nya: “Tuan, jikalau tuan yang mengambil Dia, katakanlah kepadaku, di mana tuan meletakkan Dia, supaya aku dapat mengambil-Nya.” 20:16 Kata Yesus kepadanya: “Maria!” Maria berpaling dan berkata kepada-Nya dalam bahasa Ibrani: “Rabuni!”, artinya Guru. 20:17 Kata Yesus kepadanya: “Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapamu, kepada Allah-Ku dan Allahmu.” 20:18 Maria Magdalena pergi dan berkata kepada murid-murid: “Aku telah melihat Tuhan!” dan juga bahwa Dia yang mengatakan hal-hal itu kepadanya.

%d bloggers like this: