Perbaharuilah Dunia

Renungan Minggu, 30 Januari 2011

Bacaan Kitab Suci : Yohanes 8 : 12

Sebuah tunas tumbuh dihalaman rumah kami, seiring dengan berjalannya waktu, tunas itupun tumbuh menjadi pohon yang cukup besar dan rindang sehingga ada beberapa dahan yang tumbuh menutupi jendela kamar kami, sehingga sinar matahari yang biasanya masuk menyinari kamar kami menjadi terhalang, menyebabkan kamar menjadi lembab dan dinding–dinding kamar ditumbuhi lumut dan retak disana-sini.

Akhirnya kami memutuskan untuk memotong dahan-dahan yang rindang yang telah menutupi jendela kamar, setelah dipotong dahan-dahan pohon tersebut, kami bisa merasakan lagi hangatnya sinar matahari pagi yang masuk ke kamar kami tanpa terhalang oleh rimbunnya daun-daun.

Kisah diatas mengingatkan kita akan makna dari kedatangan Tuhan Yesus yang datang sebagai Terang Dunia, yang disaksikanNya sendiri “Akulah terang dunia,barangsiapa mengikut Aku , ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup” (Yoh 8: 12). Kedatangan Tuhan Yesus membuat hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohani, seperti kesombongan, prasangka, pembenaran diri, pemberontakan, tidak mau mengalah, keegoisan, akan terlihat dengan jelas. Orang-orang Farisi, Saduki, ahli-ahli Taurat maupun pemegang kekuasan ”ditelanjangi” sedemikian rupa sehingga semua itu kelihatan dan mereka menjadi malu. Bagi orang-orang yang sudah menerima Terang Dunia dan bertobat maka mereka dapat melihat dan membersihkan diri dari hal-hal yang tidak menyehatkan tubuh rohaninya karena mereka telah menerima Terang Hidup dan telah menyinari dunia dengan pembaharuan sikap hidup yang terang dengan menghasilkan buah-buah rohani (Galatia 5:22-23).

Marilah kita memperbarui dunia dengan hidup didalam Terang Kristus yang terus menerus diperbarui melalui hidup kita masing–masing dengan cara berkata dan bertindak dengan benar, bekerja dengan baik dan bermutu, belajar dengan tekun dan berprestasi, mengembangkan talenta dan melayani dengan tulus dan jadilah terang yang dapat memperbarui dunia sehingga Bapa di sorga dimuliakan.

Yohanes 8:12

Akulah terang dunia,barangsiapa mengikut Aku , ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup

%d bloggers like this: